Sunday, December 29, 2019

LK 3 Unit 1 PKP Matematika


IN-2

LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran

Perumusan kegiatan dibagi ke dalam beberapa pertemuan, disesuaikan dengan kebutuhan konten materi yang disajikan.
Tujuan Pembelajaran:
1.      Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-1:



No
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
Kegiatan Pembelajaran
Sumber Belajar/Media
Penilaian

3.1.11 Menghitung nilai operasi
bilangan berpangkat
3.1.12 Menyederhanakan hasil
operasi bilangan berpangkat

4.6.7 Menggunakan konsep
bilangan berpangkat dalam penyelesaian masalah.
Kegiatan Pendahuluan:
· Guru masuk kelas tepat waktu (memberikan keteladanan/pendidikan karakter berbasis budaya sekolah) dan mengucapkan salam.
· Guru mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai KBM (pendidikan karakter religius)
· Guru mengajak siswa untuk mengecek kebersihan lingkungan sekolah termasuk kolong meja dan mempersilahkan siswa untuk membuang sampah pada tempatnya (Penanaman pendidikan karakter budaya sekolah mencintai lingkungan)
·  Guru mengisi agenda kelas dan mengabsen siswa dengan diiringi sedikit paparan tentang pentingnya disiplin dan tanggng jawab berkaitan dengan kehadiran siswa (penanaman pendidikan karakter bangsa tentang disiplin (mandiri)).
· Guru Menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa selama proses pembelajaran
· Menjelaskan strategi pembelajaran yang digunakan.
· Memberikan motivasi kepada siswa dengan menjelaskan pentingnya materi bilangan berpangkat dalam kehidupan sehari-hari.
·  Memberikan Pre Tes
Media :
·      LCD dan laptop
·      Modul , LKPD maupun buku yang relevan.
Alat/Bahan
·      Spidol, papan tulis, laptop, pulpen/pensil, dan kertas.
Sumber :
·      Buku Matematika wajib Pegangan Guru SMK kelas X, Kemendikbud RI Kurikulum 2013.
·      Buku Matematika Aljabar 1 SMK Adaptif  , Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2019.
·      Pemanfaatan lingkungan sekitar seperti kertas dengan cara melipat-lipat untuk konsep bilangan berpangkat.
Sikap:
Observasi

Pengetahuan:
Tes Tertulis atau tes lisan


Keterampilan
Observasi



Kegiatan Inti:
Pemberian rangsangan (Stimulation)
·         Peserta didik diajak untuk mengamati gambar berdasarkan prinsip PLC dan BCD . dan mengamati sifat-sifat bilangan berpangkat.
Identifikasi masalah (Problem Statement)
·         Guru mengarahkan peserta didik membuat pertanyaan tentang sifat-sifat bilangan berpangkat.
·         Peserta didik mengajukan pertanyaan tentang sifat-sifat bilangan berpangkat.
·         Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi pertanyaan yang diajukan
Pengumpulan data (Data Collection)
·         Guru membagi kelompok peserta didik masing-masing 4 orang pada setiap kelompok.
·         Guru memberikan kesempatan kepada  siswa untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang terkait dengan bilangan berpangkat dengan jalan literasi.
·         Informasi dapat dikumpulkan melalui: pengetahuan sebelumnya yang dia miliki, internet, buku , LKPD dan sumber lainnya.
·         Guru membimbing peserta didik untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan mengoperasikan bilangan bentuk pangkat pada LKPD.
·         Peserta didik beserta teman kelompoknya menentukan hasil dari operasi bilangan berpangkat.

Pembuktian (verification)
·         Data dan informasi yang telah diperoleh para peserta didik baik melalui modul maupun media lainnya, lalu ditafsirkan.
·         Guru meminta peserta didik dari salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
  • Guru mengarahkan kelompok lain untuk memberikan tanggapan atas presentasi kelompoknya.
Menarik Kesimpulan / generalisasi (Generalization)
  • Guru menghimpun semua tanggapan, saran maupun pendapat dari tiap kelompok belajar
  • Guru menjembatani perbedaan hasil pemikiran antar siswa dalam setiap kelompok dan menuliskan hasil pemikiran bersama
·         Guru mengarahkan peserta didik menyimpulkan hasil diskusinya
·         Peserta didik mendengarkan tanggapan, masukan, dan koreksi dari guru terkait  hasil diskusinya
·         Semua hasil diskusi tiap kelompok dikumpul




Kegiatan Penutup:
·         Dengan arahan guru, peserta didik  kembali duduk menghadap ke depan dan mendengarkan arahan guru.
·         Peserta didik dibantu oleh guru melakukan refleksi untuk memperjelas  hal yang masih diragukan sehingga informasi menjadi benar dan tidak terjadi miskonsepsi.
·         Prserta Didik dipersilahkan oleh guru untuk mengerjakan soal latihan di buku sumber sebagai penguatan hasil pembelajaran
·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap giat dalam belajar.
·         Guru mengajak peserta didik untuk menutup pembelajaran dengan doa dan salam.





R-3.  Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS


Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja analisis KD, rumusan IPK dan kegiatan pembelajaran sesuai model pembelajaran.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.       Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-3!
2.       Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
2.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
3.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan tepat.
4.         Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan tepat.
5.         Merumuskan sumber belajar sesuai IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2 dengan tepat.
6.         Merumuskan penilaian sesuai IPK pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan unit ke-2  dengan tepat.

Rubrik Penilaian:                  
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Enam  aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Lima  aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Empat  aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai


 



No comments:

Post a Comment