IN-2
LK-3. Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran
Perumusan kegiatan dibagi ke dalam beberapa pertemuan, disesuaikan
dengan kebutuhan konten materi yang disajikan.
Tujuan Pembelajaran:
1.
Pertemuan/Pembelajaran Unit Ke-1:
No
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Sumber Belajar/Media
|
Penilaian
|
|
3.1.11 Menghitung
nilai operasi
bilangan berpangkat
3.1.12
Menyederhanakan hasil
operasi bilangan berpangkat
|
4.6.7 Menggunakan
konsep
bilangan berpangkat
dalam
penyelesaian masalah.
|
Kegiatan Pendahuluan:
·
Guru masuk
kelas tepat waktu (memberikan keteladanan/pendidikan karakter berbasis budaya sekolah) dan mengucapkan salam.
·
Guru
mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai KBM (pendidikan karakter
religius)
·
Guru
mengajak siswa untuk mengecek kebersihan lingkungan sekolah termasuk kolong
meja dan mempersilahkan siswa untuk membuang sampah pada tempatnya (Penanaman pendidikan
karakter budaya sekolah mencintai lingkungan)
·
Guru mengisi agenda kelas dan mengabsen
siswa dengan diiringi sedikit paparan tentang pentingnya disiplin dan tanggng
jawab berkaitan dengan kehadiran siswa (penanaman pendidikan karakter bangsa tentang
disiplin (mandiri)).
·
Guru
Menjelaskan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa
selama proses pembelajaran
·
Menjelaskan
strategi pembelajaran yang digunakan.
·
Memberikan
motivasi kepada siswa dengan menjelaskan pentingnya materi bilangan
berpangkat dalam kehidupan sehari-hari.
· Memberikan Pre Tes
|
Media :
·
LCD dan laptop
·
Modul , LKPD maupun buku yang relevan.
Alat/Bahan
·
Spidol,
papan tulis, laptop, pulpen/pensil, dan kertas.
Sumber :
·
Buku Matematika wajib Pegangan Guru SMK kelas X, Kemendikbud RI Kurikulum 2013.
·
Buku Matematika Aljabar 1 SMK Adaptif ,
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan 2019.
·
Pemanfaatan
lingkungan sekitar seperti kertas dengan cara melipat-lipat untuk konsep
bilangan berpangkat.
|
Sikap:
Observasi
Pengetahuan:
Tes Tertulis atau tes lisan
Keterampilan
Observasi
|
|
|
|
Kegiatan Inti:
Pemberian rangsangan (Stimulation)
·
Peserta
didik diajak untuk
mengamati gambar berdasarkan prinsip PLC dan BCD . dan mengamati sifat-sifat bilangan
berpangkat.
Identifikasi
masalah (Problem Statement)
·
Guru
mengarahkan peserta didik membuat pertanyaan tentang sifat-sifat bilangan
berpangkat.
·
Peserta
didik mengajukan pertanyaan tentang sifat-sifat bilangan berpangkat.
·
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menanggapi pertanyaan yang
diajukan
Pengumpulan
data (Data Collection)
·
Guru
membagi kelompok peserta didik masing-masing 4 orang pada setiap kelompok.
·
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa
untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang terkait dengan bilangan
berpangkat dengan jalan literasi.
·
Informasi
dapat dikumpulkan melalui: pengetahuan sebelumnya yang dia miliki, internet,
buku , LKPD dan sumber lainnya.
·
Guru
membimbing peserta didik untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
mengoperasikan bilangan bentuk pangkat pada LKPD.
·
Peserta
didik beserta teman kelompoknya menentukan hasil dari operasi bilangan
berpangkat.
Pembuktian
(verification)
·
Data dan
informasi yang telah diperoleh para peserta didik baik melalui modul maupun
media lainnya, lalu ditafsirkan.
·
Guru meminta peserta didik dari salah satu kelompok
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Menarik
Kesimpulan / generalisasi (Generalization)
·
Guru
mengarahkan peserta didik menyimpulkan hasil diskusinya
·
Peserta
didik mendengarkan tanggapan, masukan, dan koreksi dari guru terkait hasil diskusinya
·
Semua hasil diskusi tiap
kelompok dikumpul
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Penutup:
·
Dengan
arahan guru, peserta didik kembali
duduk menghadap ke depan dan mendengarkan arahan guru.
·
Peserta
didik dibantu oleh guru melakukan refleksi untuk memperjelas hal yang masih diragukan sehingga informasi
menjadi benar dan tidak terjadi miskonsepsi.
·
Prserta
Didik dipersilahkan oleh guru untuk mengerjakan soal latihan di buku sumber
sebagai penguatan hasil pembelajaran
·
Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap giat dalam
belajar.
·
Guru
mengajak peserta didik untuk menutup pembelajaran dengan doa dan salam.
|
|
R-3. Rubrik Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS
Rubrik ini
digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja analisis KD, rumusan IPK dan
kegiatan pembelajaran sesuai model pembelajaran.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.
Cermati
tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-3!
2.
Berikan
nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik
berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
2.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dengan tepat.
3.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
pengetahuan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan
tepat.
4.
Merumuskan kegiatan pembelajaran sesuai IPK
keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-2 dengan
tepat.
5.
Merumuskan sumber belajar sesuai IPK
pengetahuan dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran
unit ke-1 dan unit ke-2 dengan tepat.
6.
Merumuskan penilaian sesuai IPK pengetahuan
dan keterampilan hasil analisis unit ke dalam desain pembelajaran unit ke-1 dan
unit ke-2 dengan tepat.
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Enam aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Lima aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Empat aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Tiga aspek
sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Dua
aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek
kurang sesuai
|
No comments:
Post a Comment